22 Okt 2012

MANFAAT BUAH APEL ( Pyrus Malus )

     Kalau mendengar kata apel tentunya ingatan kita melayang ke Malang. Disana terkenal dengan apel batu yang manis dan segar rasanya. Di daerah Batu Malang apel tumbuh dengan subur karena didukung keadaan alamnya yang pegunungan dan berhawa dingin.Tumbuhan apel akan tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Selain di Malang apel juga tumbuh subur di daerah Gunung Pangrango Jawa Barat.
    Sebagaimana kita ketahui bahwa harga apel dipasaran lumayan mahal. Tentunya mahalnya harga apel sebanding dengan besarnya manfaat apel bagi  kita. Menurut penelitian para ahli, apel mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dan kadar lemak yang rendah. Jadi bagi kita-kita yang lagi diet untuk menurunkan berat badan sangat cocok untuk mengkonsumsinya. Karena buah apel mampu merespon lambung untuk cepat kenyang.
     Menurut para ahli manfaat apel terletak pada kulitnya. Kulit apel mengandung glicemic index yang cukup rendah. Glicemic index yang terkandung dalam kulit apel dapat membantu agar kadar glukosa dalam peredaran darah tidak naik.Tapi hati-hati dengan buah apel impor, karena untuk menjaga kesegaran buah apel biasanya kulitnya dilapisi dengan lapisan lilin yang sangat tipis. Dan kita tahu seandainya lapisan lilin itu ikut termakan maka akan berbahaya bagi kesehatan kita. Sehingga untuk menyiasatinya, sebelum dimakan sebaiknya buah apel dilap dulu dengan kain yang dicelup air panas/hangat agar lapisan lilinnya bersih/hilang
     Selain itu buah apel juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit yang akan masuk ke tubuh kita dan juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain manfaat diatas jus apel juga berguna untuk :
- Menurunkan tekanan darah tinggi
- Membuat stabil gula dalam darah
- Mengobati asma
- Memperlancar buang air besar
- Mencegah kanker paru-paru
- Mencegah diare
- Memperkuat ginjal
- Mencegah virus masuk ke tubuh
- Menyehatkan gusi dan mencegah gigi berlubang
- Melindungi tulang
- Mencegah alzheimer
- Menurunkan kadar kolesterol
- Mencegah kanker payudara
- Mencegah kanker usus
- Mencegah kanker hati
- Mengontrol gula darah
     Demikian tadi tentang buah apel yang sangat banyak manfaatnya bagi kita. Semoga sedikit info ini bermanfaat bagi kita semua. Postingan ini disarikan dari berbagai sumber bacaan dan hasil googling di internet.
    

0 komentar:

Posting Komentar